January 18, 2020

Tentang Desamaju.Net

Konsep Desamaju

Latar belakang

Dengan berkembangkan teknologi website saat ini, umumnya masing-masing desa mengembangkan web desa sendiri-sendiri. Sayangnya, ada beberapa yang kurang memahami bagaimana membangun blog / website desa, sehingga beberapa berita yang ada di dalamnya sebenarnya kurang membawa manfaat bagi desanya.

Makanya, kita perlu kembali fokus pada tujuan keberadaan website yaitu : agar potensi desa tersebut bisa dioptimalkan sehingga mendatangkan manfaat bagi desanya. Nah, disini kita fokus pada salah satu manfaat yaitu manfaat ekonomi. Kita tidak atau belum membahas lagi kalau pada manfaat pendidikan, sosial dan budaya.

Ekonomi desa memang bisa ditopang dengan peningkatan produktivitas desa, juga dengan mengembangkan pangsa pasar desa. Kita fokus pada peningkatan pangsa pasar desa, dimana disitu memang peran website desa. Oleh karena itulah, disini kami memberikan wacana konsep website, yang fokus untuk mendatangkan dana dari luar, sebagai salah satu metode meningkatkan ekonomi desa.

Beberapa aspek yang bisa dikembangkan dengan website desa kami uraikan dalam diagram gambar diatas, dimana satu website desa, berisikan data atau informasi yang kesemuanya fokus untuk menyampaikan informasi yang bisa mendatangkan dana dari luar, baik untuk membeli, kunjungan (wisata), atau investasi.

Jadi, beberapa fitur yang ada antara lain misalnya :

  • Produk Desa, adalah berisikan data produk-produk desa, yang bisa dijual secara online. Penjualan tidak harus otomatis menggunakan sistem online-commerce, cukup menggunakan kontak WA saja agar sederhana, sehingga baik operator maupun manajemen tidak terlalu susah. Tapi tetap harus disediakan rekening bersama, sehingga ada penjaminan layanan, baik ke pembeli maupun penjual.

    Dengan bisa menjual secara online, diharapkan produk-produk yang ada di desa bisa dibeli oleh pihak-pihak luar desa, baik regional maupun nasional, sehingga mendatangkan profit langsung secara online.
  • UKM Desa, berbeda dengan produk desa, UKM desa adalah menampilkan usaha-usaha di desa, yang mungkin penghasilannya tidak berupa produk yang bisa dijual online. Misalnya usaha produksi tahu, pupuk organik, kerajinan, pabrik pengolahan, dan lain-lain.

    Tujuan menu ini adalah mendatangkan pembeli atau kerjasama, dengan mengontak pemiliknya. Mungkin ingin mengembangkan proyek bersama, pembelian grosir, dan seterusnya.
  • Wisata dan Akomodasi, menu ini adalah bertujuan mendatangkan wisatawan dari luar. Jadi menampilkan tempat-tempat menarik di desa kita yang bisa dikunjungi pihak luar. Bisa tempat hiburan, tempat wisata, rumah makan, dan lain-lain. Dengan mereka datang ke daerah kita, tentunya mereka akan membeli produk-produk kita, menginap, memakai jasa kita, dan lain-lain, sehingga bisa mendatangkan keuntungan bagi desa.

  • Tokoh Desa, adalah menampilkan profil tokoh-tokoh di desa, yang bisa bermanfaat untuk masyarakat lain, baik masyarakat sekitar maupun yang jauh, baik menggunakan jasanya, atau kerjasama. Misalnya dokter atau tabib, tukang servis, ahli elektronik, ahli otomotif, ahli pertanian, dan lain-lain.

    Manfaatnya, selain bisa meningkatkan kerjasama atau investasi, juga bisa mendatangkan pihak luar untuk datang ke tempat kita (kunjungan). Contohnya misalnya ada yang ingin mengembangkan kerjasama pertanian, perikanan, dan lain-lain.

  • Wilayah, disini ditampilkan seluruh kecamatan dan desa-desa yang ada dibawahnya. Sehingga jika netizen ingin mencari info khusus dari sebuah wilayah ( desa ), dia bisa mencarinya dari menu ini.

Menggunakan Teknologi MultiSite

Desamaju.net adalah sebuah konsep portal promosi potensi desa, dengan memanfaatkan teknologi WordPress Multisite, dimana satu website bisa memiliki turunan website-website lain dengan satu kesatuan database. Misalnya dibentuk dengan model sub domain, ataupun domain sendiri. Jadi masing-masing desa tidak perlu membangun website sendiri-sendiri, cukup sekali klik sudah jadi sub domain untuk bikin website per wilayah.

Manfaat lainnya adalah, dari sisi pasar, pengguna / netizen tidak perlu menghapalkan nama-nama domain per desa, yang, dikumpulkan satu negara akan ada ratusan ribu domain, yang tentu sangat susah dihapalkan oleh pengguna internet. Dengan satu kesatuan nama domain, akan memudahkan pengguna untuk mencari informasi yang dibutuhkan, karena satu domain, sistem informasinya sudah terstruktur dengan baik, walupun ingin mencari sampai desa sekalipun. Yaitu mulai dengan domain utama > sub domain per kabupaten > dan menu wilayah yang berisikan data kecamtan dan desa-desa di bawahnya.

Untuk melihat templatenya silakan browse menu-menunya di website ini.

Salah satu fitur unggulan model multisite lain antara adalah fungsi Post Mirroring dimana posting di sub-domain bisa dipublish juga di website pusat atau tersendiri. Sehingga website pusat bisa berisikan seluruh berita di website bawahnya, tanpa harus menuliskan ulang. Sehingga netizen cukup mengunjungi satu website untuk mengetahui perkembangan baru dari website desa seluruh Indonesia.

Kedua, multi users, dimana masing-masing website wilayah tersebut bisa memiliki user sendiri-sendiri, sehingga pengembangan website bisa dilakukan dengan kolaborasi banyak blogger. Mereka bisa berkolaborasi untuk membangun satu website bersama.

Konsep Desamaju